Salah satu faktor dalam kegiatan promosi usaha di industri rumah tangga Inat Shop adalah dengan melakukan kegiatan promosi lewat brosur, media sosial berupa instagram, twitter, whatsapp, dan facebook. Setiap tahunnya penjualan coklat dan kue kering hasil produksi Inat Shop semakin meningkat, sehingga untuk lebih melengkapi informasi hasil inovasi produk dari inat shop masih kurang jika hanya mengandalkan kegiatan promosi yang sudah dilakukan selama ini. Sehingga diperlukan untuk membuat website tersendiri sebagai media promosi. Hal digunakan sebagai strategi bisnis untuk menghadapai persaingan usaha sejenis, dan usaha tersebut juga lebih bisa memberikan kelengkapan informasi dan pelayanan yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul suatu kebutuhan sistem untuk membuat website sebagai sarana promosi. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT ( Strength,weakness,opportunities, threats), analisis kebutuhan sistem untuk mengidentifikasi pengetahuan yang terdisi darin kebutuhan fungsional dan non fungsional,analisis kelayakan sistem yang terdiri dari kelayakan teknologi, kelayakan hukum, kelayakan operasional, kelayakan ekonomi, analisis biaya manfaat, dan permodelan sistem sebagai rancangan sistemnya dengan menggunakan data flow diagram (DFD). Hasil analisis dan perancangan sistem ini diharapkan dapat diterapkan dan membantu dalam kegiatan promosi usaha rumah tangga inat shop dan memberikan pelayanan yang lebih baik.
Kata kunci : Website, SWOT, Kebutuhan Sistem, Kelayakan Sistem, Permodelan Sistem.
Niken Riyanti : 0896 0668 4746 Email : [email protected]
Nova Agustina : 0813 2032 9095 Website : selisik.sttbandung.ac.id